RUQYAH

Posted by bioahmed | Posted in | Posted on 04.49

Kalau mendefinisikan secara istilah, Ruqyah adalah bentuk upaya penyembuhan suatu penyakit dengan pembacaan ayat-ayat suci Al-Qur’an atau doa-doa atau mantra-mantra.

Ruqyah itu juga disebut pula dengan Azimah. Ini khusus diizinkan selama penggunaannya bebas dari hal-hal syirik, sebab Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam telah memberikan keringanan dalam hal ruqyah ini untuk mengobati ‘ain atau sengatan kalajengking.

Ruqyah secara bahasa adalah jampi-jampi atau mantera. Ruqyah secara syar'i (ruqyah syar'iyyah) adalah jampi-jampi atau mantera yang dibacakan oleh seseorang untuk mengubati penyakit atau menghilangkan gangguan jin atau sihir atau untuk perlindungan dan lain sebagainya, dengan hanya menggunakan ayat-ayat Al-Qur`an dan doa-doa yang bersumber dari hadits-hadits Rasulullah SAW yang dapat difahami maknanya selama tidak mengandungi unsur kesyirikan.

Ruqyah secara umum terbagi kepada dua macam;


Pertama: Ruqyah yang diperbolehkan oleh syari'at Islam yaitu disebut Ruqyah Syar'iyyah.
Kedua: Ruqyah yang tidak dibenarkan oleh syari'at Islam, yang di sebut dengan Ruqyah Syirkiyyah  yaitu ruqyah dengan menggunakan bahasa-bahasa yang tidak difahami maknanya atau ruqyah yang mengandung unsur-unsur kesyirikan.Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, "Perlihatkan kepadaku ruqyah kalian, dan tidak apa-apa melakukan ruqyah selama tidak ada unsur syirik" (HR.Muslim)

Untuk mempelajari Panduan dan Doa-doa Ruqyah yang di Syari'atkan kamu silahkan Download Buku Panduannya di sini Download

Comments (1)

Matohhh.... terimkasih bukunya..

Posting Komentar